Student Exchange Mahasiswa Teknik Industri UPS Tegal dengan Lyceum of the Philippines University (LPU), Manila Filipina

Upaya realisasi kerjasama dengan Universitas Pancasakti Tegal dengan Lyceum of the Philippines University (LPU), Manila, Filipina yang difasilitasi oleh UPT Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal mengirimkan salah satu mahasiswa terbaiknya dari teknik industri yaitu Bunga Maharani. Tujuan dari realisasi kerjasama ini adalah untuk pertukaran mahasiswa selama kurang lebih satu bulan. Program ini akan menambah pengalaman mahasiswa dalam penerapan keilmuannya.

MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL MAGANG DI PT. KAI

PT. Kereta Api Indonesia memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal untuk dapat mengikutsertakan 4 ( empat ) mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di PT. Kereta Api Indonesia. Adapun keempat mahasiswa tersebut adalah Hidayat Fatulloh, M. Kautsar Mubarok, Surinto dan Zakaria Lego Lasmono. Program Magang tersebut bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan dunia industri. Selain itu, program magang tersebut juga sebagai sarana memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja, sehingga harapannya mahasiswa setelah lulus kelak sudah siap menghadapi dunia kerja kususnya di dunia industri.

Perkembangan industri di Indonesia yang cukup pesat mengharuskan perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan mutu lulusannya, baik itu dari segi kuantitasnya maupun dari segi kualitasnya. Sehingga dapat dihasilkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkepribadian mandiri, berkualitas dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di kawasan utara Indonesia berupaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga secara fisik dan mental siap untuk mengikuti arus pengembangan industri dan teknologi.

Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, sehingga dapat mengetahui teknologi yang sedang berkembang dan dapat mengaplikasikannya.
Dibutuhkan sebuah kerjasama dengan industri demi meningkatkan mutu lulusan sebuah perguruan tinggi. Kerjasama ini dapat dilaksanakan dalam bentuk penukaran informasi antara masing-masing pihak tentang korelasi antara ilmu di perguruan tinggi dan aplikasi dalam dunia industri. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan cara: Praktek industri, studi ekskursi, magang, join research dan lain sebagainya. Kebijaksanaan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional merupakan upaya dari pihak pemerintah untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja (industri) dalam rangka memberikan sumbangan yang lebih besar dan sesuai (menjadi patner in progress) bagi pembangunan bangsa dan negara.

Untuk menunjang hal tersebut maka jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Praktek Industri sebagai kelengkapan teori (khususnya dalam bidang keahlian) yang dipelajari di bangku kuliah. Praktek industri merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal, khususnya sebagai mahasiswa S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal ( UPS Tegal ). Rencananya Program magang di PT. KAI akan dilaksanakan selama 6 bulan mulai dari bulan Maret sampai bulan Agustus 2019. Selama magang mereka mendapatkan gaji dan memiliki kesempatan menjadi karyawan. Melalui upaya yang ada, Universitas Pancasakti Tegal akhirnya bisa masuk setelah bersaing dengan seluruh Universitas di Indonesia setelah melalui tes psikotes dan wawancara. Nantinya akan mendapatkan sertifikat magang industri atau magang kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BSNP) dan diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru, menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau industri. Semua mahasiswa magang harus memiliki karakter kuat Karena mereka juga membawa nama baik Universitas Pancasakti Tegal dan juga diri mereka sendiri serta bekerja secara profesional dan memiliki komitmen tinggi. Mereka harus mampu menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan nantinya, karena pasti akan menjadi pengalaman baru bagi mereka. Jika melihat nilai akademik siswa yang magang, sangat baik. Untuk itu, mereka dalam proses magang juga harus memiliki kinerja yang baik, jangan sampai tidak sinkron dengan nilai akademiknya. Antara nilai akademik dan kinerja saat di BUMN harus seimbang.

DEKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TELAH RESMI DILANTIK

Tegal, (29/1/2019) Universitas Pancasakti Tegal mengadakan pelantikan Dekan dan Pejabat Struktural di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti, yang dilaksanakan oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal Yaitu Bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pelantikan sebanyak 6 Dekan dan 5 Pejabat Struktural tersebut dihadiri oleh pengurus YPP, jajaran Rektorat, dan Sivitas Akademika.

Keenam Dekan yang dilantik tersebut diantaranya Dr. Purwo Susongko, M.Pd. sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ), Dr.Ir. Sutaman, M.Si sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ( FPIK ), Dr. Nuridin, S.H.,M.H sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ), Dr. Irwan Hamzani sebagai Dekan Fakultas Hukum ( FH ), Dr. Dien Noviany Rahmatika, M.M sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ( FE ) dan Dr. Agus Wibowo, S.T.,M.T. sebagai Dekan Fakultas Teknik ( FT ).

Sedangkan kelima Pejabat Struktural yang dilantik diantaranya yaitu Dr. Suriswo, M.Pd sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LPPM ), Dr. Beni Habibi, M.Pd sebagai Kepala Lembaga Peminjaman Mutu ( LPMU ), Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerja Sama dan Urusan Luar Negeri, Dr. Tity Kusrina M.Pd. sebagai Ketua Program Study Pendidikan Profesi Guru ( PPG ), dan Yulia Nur Ekawati M.Pd. sebagai Sekertaris Program Studi Pendidikan Profesi Guru ( PPG ).

Untuk ke depannya Menurut Rektor UPS Tegal Bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. tantangan yang dihadapi lebih berat karena perkembangan teknologi informasi begitu cepat. Sehingga diperlukan sinergitas agar kinerja efektif dan efisien. Bangun komunikasi yang baik, sehingga kesalahpahaman dapat dihindari. Rektor UPS Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. menyampaikan selamat kepada para Dekan dan Penjabat Struktural yang baru di lantik dan berterima kasih kepada para penjabat sebelumnya yang telah melaksanakan tugas dan wewenang dengan sebaik – baiknya.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. berharap agar para Dekan yang baru tidak hanya bermodalkan kemampuan akademik saja, namun juga kemampuan manajerial dan leadership yang baik untuk memimpin fakultasnya masing – masing. Ini disampaikan oleh Rektor UPS Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. berdasarkan pengalamannya selama 35 tahun bekerja di UPS Tegal ini. Dari menjadi Wakil Rektor sampai menjadi Rektor sekarang ini. Ketua YPP Dr.H. Imawan Sugiharto, S.H.,M.H. juga menyampaikan agar dengan pelantikan tersebut, YPP ingin fakultas – fakultas menjadi semakin lebih baik.

PENYAMPAIAN VISI DAN MISI CALON DEKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL PERIODE 2019-2023

Tegal (13-12-2018) Dr. Agus Wibowo, S.T.,M.T. Sebagai Calon Dekan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal Periode Tahun 2019-2023 mendatang menyampaikan Visi, Misi dan Program Kerja Calon Dekan di Ruang I.205 Lt. 2 Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal Jl. Halmahera Km. 1 Kota Tegal yang dihadiri Wakil Rektor I Universitas Pancasakti Tegal, Dekanat, Dosen, Tenaga Kependidikan serta BEM Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal.


Dr. Agus Wibowo mempunyai visi yaitu menjadikan “FAKULTAS TEKNIK MAJU, HARMONI DAN SEJAHTERA” serta Misi:
1. Menyelenggarakan pendidikan yang unggul dengan mendorong pribadi Dosen untuk mengembangkan keilmuan
dan kompetensi.
2. Menyelenggarakan dan mengembangkan budaya riset untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat yang berbasis hasil – hasil penelitian.
4. Melaksanakan tata kelola fakultas yang kredibel, transparan, akuntabel bertanggungjawab dan adil
untuk menjamin terwujudnya layanan prima dan keberlangsungan lembaga serta menciptakan kepercayaan
pada stakeholders.

Dalam hal ini Fakultas Teknik ingin menyelenggarakan Perguruan Tinggi secara profesional, Penelitian secara komprehensif, melakukan Abdimas, Kerjasama Luar Negeri, Penyelenggaraan Kegiatan Ilmiah skala Nasional/Internasional, Peningkatan Kreatifitas Mahasiswa, Kesejahteraan dan Penataan SDM Non Akademik (Pelayanan Administrasi, Organisasi, Sarpras & SDM Keuangan).

Harapan kedepan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal menjadi Perguruan Tinggi yang Profesional, dengan tingkat kesejahteraan yang lebih baik.

PRESENTASI PEMAKALAH SEMINAR NASIONAL TEKNIK INDUSTRI 2018


Presentasi pemakalah dijadwalkan pada acara setelah seminar nasional teknik industry pada pukul 13.00-15.00. presentasi ini dilaksanakan sebagai sarana publikasi ilmiah hasil penelitian dari berbagai perguruan tinggi teknik industri. Presentasi makalah ini diikuti 56 pemakalah yang terbagi menjadi 4 kelompok, yaitu ergonomi, riset operasi, proses produksi dan manufaktur. Makalah tersebut nantinya akan dipublikasikan di website seminar nasional teknik industry dan bisa diunduh sebagai program publikasi ilmiah karya dosen dan mahasiswa.

SNaTIPs “SEMINAR NASIONAL TEKNIK INDUSTRI PANCASAKTI 2018”.


Seminar nasional teknik industry (SNATIPS) 2018 adalah seminar nasional pertama kali dilaksanakan oleh program studi teknik industry dengan skala besar bertempat di Auditorium Darjoen Seno Atmojo Universitas Pancasakti Tegal, SNATIPS 2018 diikuti oleh mahasiswa dan dosen diseluruh Indonesia dengan keynote speech Prof.Dr. Bambang Parsetya Kepala Badan Standadisasi Nasional, Indah Suryani, ST. dari Yayasan Mien Uno selaku praktisi dan Dr. Bambang Purwanggono, M.Eng. dari Universitas Diponegoro Semarang sebagaia kademisi, ketiga pemateri diatas membahas tentang tema Meningkatkan Daya Saing Industry Kreatif Dengan Standardisasi. Banyak manfaat dari pembahasan ketiga pemateri diatas seperti yang diungkapkan oleh Prof. Bambang Prasetya Kepala BSN yaitu perlunya produk yang terstandardisasi sehingga dapat bersaing ditingkat nasional dan Internasional karena semakin banyak produk asing yang nantinya akan masuk ke Indonesia sehingga produk dalam negeri khususnya industry kreatif perlu mempunyai SNI, tidak hanya SNI produk, SNI proses pun harus dikembangkan di industry di Indonesia. Sedangkan menurut Indah suryani selaku pemateri kedua mengungkapkan perlu adanya pembentukan wirausaha baru dari kaum millennial sehingga dapat membentuk karakter yang mandiri. Sedangkan menurut Dr. Bambang selaku akademisi melihat bahwa standardisasi produk perlu dipelajari sehingga mahasiswa paham akan kriteria-kriteria suatu produk yang akan di SNI kan. Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan sertifikat SNI oleh BSN dari produk Bola Sepak produksi Tegal dan penandatanganan MOU antara BKSTI yang ditandatangani oleh Ketua BKSTI Korwil jateng Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T. dari Undip dengan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Tegal Ir. Bambang Sutanto, M.M. MoU ini diharapkan dapat mengimplementasikan keilmuan Teknik Industri se-Jateng untuk diterapkan di IKM di Tegal melalui pelatihan-pelatihan yang produktif.

MUSIK LESEHAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Tegal, 09/10/18 Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin (HMTM) UPS Tegal mengadakan musik lesehan dan ikrar malam hari pahlawan yang dimulai pada pukul 19.00 WIB di lapangan olahraga Universitas Pancasakti Tegal. Dalam rangka memperingati hari pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 oktober 2018 ini, Tak lupa pula para mahasiswa yang ikut serta meramaikan dan mensukseskan acara ini dengan sangat antusias mengikuti sederet rangkaian acara yang telah dikonsep oleh seluruh panitia, meskipun dengan cuaca yang dingin karena hujan yang mengguyur kota Tegal, tidak mengurungkan semangat para teman-teman mahasiswa UPS Tegal untuk dapat mengikuti acara ini. Terbukti dengan datangya puluhan mahasiswa yang terdiri dari beberapa fakultas yang ada di UPS Tegal seperti Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Hukum, Fakultas Perikanan, FKIP dan FISIP.

acara ini juga diramaikan oleh beberapa penampilan dari para mahasiswa UKM dan UPK yang ada di UPS Tegal seperti Rumustik, Femus, Kamus, KSB, Teater Akar yang menampilkan beberapa lagu dan teater perjuangan dan band dari kota tegal yang dipandu oleh Sincan dan Memet yang telah membawakan berbagai acara yang membuat acara ini semakin menarik dan seru.

Musik lesehan ini merupakan ketiga kalinya yang diadakan oleh para mahasiswa fakultas teknik terutama HMTM, dimana kali ini dilaksanakan bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, ucapan terimakasih kepada para tamu undangan dan UKM yang telah berkenan hadir mengikuti acara ini. Rasa syukur atas keberkahan dan kesehatan yang kita miliki sehingga dapat melaksanakan kegiatan dalam rangka memperingati hari pahlawan dan terimakasih pada HMTM UPS Tegal yang telah mengadakan acara ini, semoga dengan diadakannya acara ini dapat menambah tali persaudaraan antar mahasiswa dan dapat meniru semangat dan jiwa para pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia.

SEMINAR NASIONAL HMTM UPS TEGAL ” MOBIL HEMAT ENERGI DAN RAMAH LINGKUNGAN UNTUK KEMANDIRIAN NASIONAL DI ERA GLOBALISASI “.


TEGAL – (10/10/18) Bertempat di Auditorium “Daryoen Sumoatmodjo” Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Panca Sakti Tegal menggelar seminar nasional bertema “Mobil Hemat Energi dan Ramah Lingkungan untuk Kemandirian Nasional di Era Globalisasi”. Upaya menghemat penggunaan BBM untuk kendaraan bermotor memantik kreativitas di kalangan mahasiswa Teknik Mesin FT UPS Tegal. Salah satunya berencana menggelar “Ottocontest” Mobil Listrik tingkat nasional.

Seminar yang dibuka oleh Rektor UPS Tegal Bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M. Hum bertujuan agar para peserta dapat lebih memahami betapa pentingnya kendaraan listrik hemat energi dan ramah lingkungan di masa depan. Dekan FT UPS Tegal Dr. Agus Wibowo ST MT mengatakan, kegiatan kontes mobil listrik karya mahasiswa dari sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS), merupakan bagian dari kegiatan bertajuk “Machine Days”, yang digelar fakultasnya. Dia berharap, kegiatan tersebut dapat menggugah kesadaran dan menggelorakan semangat untuk penghematan penggunaan BBM kendaraan bermotor. Karena itu, kami awali kegiatan ini dengan menggelar seminar nasional tentang mobil listrik.

Dalam seminar tersebut mendatangkan ahli di bidang kendaraan listrik, yakni dari Kementerian ESDM, Nur Hidayat ST MTdan Dekan Fakultas Teknik President University Dr Eng Lydia Anggraeni ST MEng. Dr Eng Lydia Anggraeni ST MEng dengan makalah “Rancang Bangun Kendaraan Listrik”, mengurai tentang hal mendasar seperti komponen utama yang biasa digunakan untuk kendaraan listrik. Antara lain baterai, motor controler, pengereman regeneratif, dan drive system. Dia juga menjelaskan bagaimana kendaraan listrik bekerja. Kemudian penggunaan BBM transportasi darat juga terus meningkat lima persen per tahun, di mana sebagian besar BBM yang dikonsumsi merupakan BBM impor. Juga faktor penurunan indeks kualitas udara, rata-rata kota besar Indonesia telah mendekati level “tidak sehat”.

Nur Hidayat ST MT dari Kementerian ESDM menguraikan soal program pengembangan kendaraan listrik yang kini disikapi sejumlah kementerian lainnya, antara lain seperti yang ditindaklanjuti Kemristek Dikti, dengan mengembangkan purwarupa kendaraan bertenaga listrik atau hibrida, hingga siap komersial untuk masa depan.

PENUTUPAN PERKULIAHAN SMT GENAP T.A. 2017/2018, PEMBUKAAN PERKULIAHAN SMT GANJIL T.A. 2018/2019 DAN DISTRIBUSI MATA KULIAH OLEH KAPRODI TM, TS DAN TI

Kamis (30/8/18) bertempat di Fakultas Teknik ruang I . 205 semua dosen dan karyawan Fakultas Teknik beserta jajaran dari yayasan dan rektorat yang diwakili oleh wakil rektor I Dr. Ir. Suyono, M.Pi Universitas Pancasakti Tegal mengadakan acara penutupan akhir semester genap 2017/2018 serta pembukaan awal semester ganjil 2018/2019 yang dibuka oleh Bapak Dekan Dr. Agus Wibowo, M.T.

Disamping itu bapak wakil rektor I Dr. Ir. Suyono, M.Pi juga secara simbolis memberikan mobil operasional untuk laboratorium teknik mesin kepada bapak dekan Dr. Agus Wibowo, M.T. yang nantinya itu bisa digunakan untuk pembelajaran dan pelatihan kepada para mahasiswa fakultas teknik.

Selain itu Wakil Dekan I bidang kemahasiswaan Bapak Ir. Tofik Hidayat, M.Eng. menyampaikan materi apa saja yang akan didiajarkan untuk perkuliahan semester ganjil ini. Sekaligus memastikan kesiapan dosen-dosen untuk mengajar perkuliahan semester ganjil tahun ajaran 2018/2019.

Dan dilanjutkan oleh Wakil Dekan II, Wakil Dekan III, Kaprodi serta Sekretaris Program Studi memaparkan materi apa saja yang akan diajarkan kepada mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal.

SOSIALISASI LOWONGAN PEKERJAAN PADA WISUDAWAN FAKULTAS TEKNIK

Selasa (20/09) Bertempat di Ruang I. 205 Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal bersama dengan PT. BIG (Bintang Indokarya Gemilang) mengadakan sosialisasi lowongan pekerjaan kepada wisudawan Fakultas Teknik. PT. Bintang Indokarya Gemilang merupakan salah satu anak perusahaan dari PT. Panarub Industry yang sudah berdiri sejak tahun 1968 dan bergerak di pembuatan sandal dengn merk “LILY”, seiring berjalannya waktu PT. Panarub Industry membentuk kemitraan bisnis dengan merek Adidas pada tahun 1988. Hal ini merupakan tonggak utama bagi perusahaan dan akibatnya segera didirikannya kompetensi di bidang manufaktur high-end. Akibatnya, Panarub ditunjuk sebagai Football Centre Khusus untuk merek Adidas yang khusus dipasarkan untuk pasar Eropa dan sebagian Asia Timur.

Adapun Posisi kerja yang dibutuhkan oleh PT. BIG (Bintang Indokarya Gemilang) yaitu: SUPERVISOR PRODUKSI CUTTING, SEWING, ASSEMBLING KEPALA BAGIAN PRODUKSI CUTTING, SEWING dan ASSEMBLING MANAGER HSE SPECIALIST SISTEM MANAJEMEN ISO SPECIALIST COMPLIANCE.
Untuk Gambaran Tugas dan Kualifikasinya :

1. SUPERVISOR PRODUKSI CUTTING, SEWING, ASSEMBLING
Kualifikasi:
Lulusan SMA, D3/S1 dari semua jurusan
Memiliki pengalaman di bidang yang sama (sepatu, garmen, apparel) minimal 2-3 tahun
Memahami proses cutting, sewing, atau assembling
Penempatan di Brebes
Gambaran tugas:
Melakukan perencanaan, koordinasi, pengontrolan dan evaluasi terhadap proses kerja agar dapat menghasilkan output yang memenuhi standard kualitas dan sesuai schedule.
Memberikan instruksi dan pengarahan kerja yang jelas kepada operator dan memastikan seluruh proses berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan.
Memastikan input yang diterima memenuhi standard dan seluruh proses kerja yang dilakukan sesuai dengan standard.

2. KEPALA BAGIAN PRODUKSI CUTTING, SEWING, ASSEMBLING
Kualifikasi:
Lulusan SMA, D3/S1 dari semua jurusan
Memiliki pengalaman di bidang yang sama (sepatu, garmen, apparel) min 5 tahun
Memahami proses cutting, sewing, dan assembling
Penempatan di Brebes
Gambaran tugas:
Mereview schedule yang diterima untuk memastikan bahwa schedule tersebut dapat terealisasi dengan baik.
Melakukan followup terhadap persiapan input material (material upper, bottom accessories), mesin, SOP dan tooling yang diperlukan
Memastikan kecukupan dan ketepatan pengalokasian personnel agar dapat menciptakan line yang balance dan mencapai target yang diharapkan

3. MANAGER HSE
Kualifikasi:
Lulusan D3/S1 Jurusan K3, Kesehatan Masyarakat atau Teknik Lingkungan
Pengalaman di posisi yang sama minimal 5 tahun
Memiliki pengetahuan tentang prosedur K3 & UU tentang Lingkungan Hidup
Mampu menggunakan program komputer seperti Ms Office & Autocad
Mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan
Penempatan di Brebes
Gambaran tugas:
Bertanggungjawab untuk memastikan kebijakan, prosedur, maupun standar kesehatan, keselamatan kerja, & lingkungan dilaksanakan secara konsisten.
Bertanggungjawab terhadap keberhasilan program kerja di bidang kesehatan, keselamatan kerja dan lingkungan yang telah ditetapkan.
Bertanggungjawab memastikan bahwa semua kontraktor yang melakukan pekerjaannya di dalam perusahaan menerapkan standar yang sama mengenai kesehatan, keselamatan kerja & lingkungan serta ketentuan ketenagakerjaan.

4. SPECIALIST SISTEM MANAJEMEN ISO
Kualifikasi:
Lulusan D3/S1 Semua Jurusan
Pengalaman di posisi yang sama minimal 3 tahun
Memiliki pengetahuan tentang pembuatan sistem manajemen mutu ISO & OHSAS
Terbiasa menangani audit baik internal maupun eksternal
Mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan
Mampu menggunakan Ms Office & Ms Visio
Penempatan di Brebes
Gambaran tugas:
Membuat sistem & prosedur yang diperlukan oleh perusahaan sekaligus memastikan sistem & prosedur tersebut sudah relevan & up to date sesuai dengan standar internasional
Membuat program audit untuk memeriksa efektivitas dari sistem manajemen & memastikan audit internal berjalan sesuai prosedur
Membuat program tinjauan manajemen untuk mengevaluasi kinerja dari setiap sistem manajemen.

5. SPECIALIST COMPLIANCE
Kualifikasi:
Lulusan D3/S1 Psikologi & Hukum
Pengalaman di posisi yang sama minimal 1 tahun
Memiliki pengetahuan tentang perpajakan & BPJS serta manfaatnya bagi karyawan dan perusahaan
Memiliki pengetahuan mengenai sistem dan prosedur keamanaan
Memiliki pengetahuan mengenai peraturan ketenagakerjaan dan standard pekerjaan
Mampu berbahasa inggris baik lisan maupun tulisan
Mampu menggunakan Ms Office
Penempatan di Brebes
Gambaran tugas:
Mengkoordinir dan mengevaluasi pengelolaan media komunikasi & informasi karyawan untuk mencapai saling pengertian, kerjasama, dan loyalitas diantara pihak manajemen dan karyawan.
Menyampaikan informasi berupa peraturan maupun kebijakan perusahaan kepada karyawan.
Mengidentifikasi kondisi kerja yang buruk, tidak adil, dan tidak sesuai dengan standar & peraturan perundangan ketenagakerjaan.

Untuk melamar bisa Kirimkan lamaran & CV (curriculum vitae), foto diri berwarna terbaru, copy ijazah dan transkrip nilai ke:
PT Bintang Indokarya Gemilang
Jl. Cendrawasih No 6 Desa Tengguli Km 20 Tanjung
Brebes – Jawa Tengah
atau
Email: recruitment@bigpanarub.co.id
atau recruitment@panarub.co.id /pbb.recruitment@epfootwear.com