KUNJUNGAN DOSEN FAKULTAS TEKNIK UPS TEGAL KE POLITEKNIK TEDC BANDUNG

Sebagai pemantapan program kegiatan di Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal yaitu kerjasama dan penanganan mahasiswa kegiatan PKL atau magang di luar negeri, maka kami bermaksud ingin berkunjung ke TEDC Bandung. Hal ini bertujuan untuk juga sebagai upaya peningkatan kualitas mahasiswa jurusan teknik mesa Fakultas Teknik UPS Tegal.
Adapun pelaksanaan kunjungannya adalah sebagai berikut :

Waktu Kunjungan : jam 08.00 – selesai
Hari, tanggal : Senin, 23 Desember 2019
Dosen Pendamping : 1. M. Agus Shidiq, ST, MT. 2. Hadi Wibowo, ST, MT

Lima (5) mahasiswa calon Magang Kuliah dengan tema : Perkuliahan berbasis Kerja.

Politeknik TEDC Bandung merupakan perguruan tinggi jalur profesional unggulan dalam bidang rekayasa dan bisnis yag bernaung dibawah Yayasan Daya Juang Bangsa dengan Akta Notaris Ari Prio Buntoro SH. Politeknik TEDC Bandung berdiri atas dasar Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor : 73/D/O/2002 dan SK Dikti Nomor : 1995/O/7/2002 sebagai upaya memenuhi tuntutan masyarakat akan tenaga ahli madya professional yang dibutuhkan oleh dunia usaha/industri, perusahaan nasional maupun internasioanal baik instansi pemerintahan maupun swasta, dalam menyongsong era globalisasi Read More …

PERSIAPAN DAN PELAKSANAAN UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) GASAL FAKULTAS TEKNIK

Sesuai Kalender Akademik Tahun 2019/2020 Universitas Pancasakti Tegal dan Rapat Panitia UAS di Fakultas Teknik, maka Fakultas Teknik akan mengadakan UAS Semester Gasal Tahun Akademik 2019/2020 yaitu pada hari Senin sampai dengan Jum’at yaitu tepatnya tanggal 6 – 10 Januari 2020 untuk mahasswa reguler, sedangkan kelas konversi tanggal 11 – 12 Januari 2020 dan dilaksanakan pada hari Sabtu – Minggu.

Adapun teknis pelaksanaan panitia UAS Gsl 2019/2020 berdasarkan Rapat Panitia UAS Gsl 2019/2020 untuk pengumpulan soal dimulai tanggal 4 – 16 Desember 2019, Soal yang belum dikumpulkan dan melebihi tanggal 23 Desember 2019 maka Mata Kuliah tidak bisa diujikan. Pelaksanaan Ujian Akhir Semester harus mencukupi batas minimal pertemuan untuk tatap muka perkuliahan yaitu minimal 12 kali pertemuan tatap muka perkuliahan.

kemudian hasil mahasiswa mengikuti ujian akhir semester nilai UAS di upload di Program SIAP oleh dosen pengampu mata kuliah juga mengumpulkan nilai UAS manual pada tanggal 20 Januari 2020 dalam bentuk angka ke operator prodi sebagai mana dikatakan ketua panitia UAS Semester Gasal 2019/2020 yang kebetulan juga sedang menjabat Wakil Dekan I Bidang Akademik Fakultas Teknik Bapak Ahmad Farid, ST, MT (Red)

Student Exchange Mahasiswa Teknik Industri UPS Tegal dengan Lyceum of the Philippines University (LPU), Manila Filipina

Upaya realisasi kerjasama dengan Universitas Pancasakti Tegal dengan Lyceum of the Philippines University (LPU), Manila, Filipina yang difasilitasi oleh UPT Kerjasama dan Urusan Internasional UPS Tegal mengirimkan salah satu mahasiswa terbaiknya dari teknik industri yaitu Bunga Maharani. Tujuan dari realisasi kerjasama ini adalah untuk pertukaran mahasiswa selama kurang lebih satu bulan. Program ini akan menambah pengalaman mahasiswa dalam penerapan keilmuannya.

Kuliah Kerja Lapangan Program Studi Teknik Industri ke PLTU Suralaya


Dalam rangka memenuhi salah satu mata kuliah di semester 3 yaitu Kuliah kerja Lapangan (KKL). Fakultas Teknik UPS Tegal,khususnya untuk Progdi Teknik Industi sendiri melakukan perjalanan menuju PLTU Suralaya yang merupakan Pembangkit listrik tenaga uap terbesar di Indonesia dengan kapasitas 3400 MW tiap harinya yang hampir menerangi 20% wilayah di Indonesia(Jawa,Bali,Madura). Kegiatan ini bertujuan guna meningkatkan pengetahuan dan wawasan mahasiswa dalam dunia pekerjaan sebagai bekal nantinya.
Kegiatan ini di ikuti oleh 36 peserta, mahasiswa pun sangat antusias ketika berkunjung ke PLTU Suralaya. selasa(19/02).Karena kita tahu, berkungjung ke PLTU Suralaya merupakan hal yang sangat langka, apalagi ketika mahasiswa diajak berkunjung melihat lokasi produksi listrik disekeitar perusahaan, mulai dari melihat bahan baku hingga alat-alat untuk produksi.
Asep Suhendar sebagai divisi humas yang mewakili Direktur PLTU Suralaya mengatakan bahwasa pada tahun 2017 yang lalu PLTU Suralaya mendapatkan gelar proper green(hijau) yang berarti bahwa pengelolaan lingkungannya termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat menunjukkan citra postitf dari perusahaan tersebut dan diharapkan untuk tahun kedepannya bisa mendapatkan proper emas yang nerupakan penghargaan tertinggi dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, walaupun itu sulit untuk mendapatkannya.
sodiq

Workshop PHBD yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Teknik Industri untuk Pengembangan Potensi Desa


Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI) merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di Universitas Pancasakti Tegal pada hari sabtu (16/2) mengadakan kegiatan Workshop PHBD yang bertempat di Gedung Fakultas Teknik UPS Tegal. Workshop ini merupakan program kerja dari departemen pendidikan dan iptek HMTI yang dipersiapkan untuk mengajukan proposal PHBD tahun 2019. Kegiatan ini dibuka oleh Dekan FT Dr. Agus Wibowo, ST., MT dan diikuti dari berbagai macam program studi, tidak hanya dari prodi teknik industri tetapi dari prodi teknik mesin, teknik sipil, FKIP, ilmu komunikasi. Terlihat dari antuasiasme mahasiswa mengikuti workshop ini adalah banyaknya peserta dan pertanyaan yang disampaikan.
Pemateri sendiri merupakan pemateri yang berpengalaman di bidang PHBD yaitu Arry Darmawan. Dari materi yang disampaikan bahwasanya program ini dikhususkan untuk organisasi mahasiswa yang mempunyai SK baik itu HIMA, BEM, maupun UKM yang berada dalam suatu kampus, mahasiswapun harus turut andil dalam kegiatan ini, karena peran tri dharma perguruan tinggi yaitu peran mahasiswa terhadap masyarakat. Menurut Arry Darmawan “mahasiswa yang baik yakni mahasiswa yang memikirkan orang lain (masyarakat) atas permasalahan yang terjadi di masyarakat. Pertanyaan yang menarik dari salah satu peserta yaitu mengenai esensi mahasiswa untuk masyarakat itu seperti apa?karena tahu dengan iming-iming pendanaan proposal yang mencapai jutaan rupiah akan membuat orang tergiur, akan tetapi melupakan apa yang seharusnya diterapkan secara penuh guna mengabdikan diri untuk membantu permasalahan yang ada dimasyarakat itu sendiri.

MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL MAGANG DI PT. KAI

PT. Kereta Api Indonesia memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal untuk dapat mengikutsertakan 4 ( empat ) mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di PT. Kereta Api Indonesia. Adapun keempat mahasiswa tersebut adalah Hidayat Fatulloh, M. Kautsar Mubarok, Surinto dan Zakaria Lego Lasmono. Program Magang tersebut bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan dunia industri. Selain itu, program magang tersebut juga sebagai sarana memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja, sehingga harapannya mahasiswa setelah lulus kelak sudah siap menghadapi dunia kerja kususnya di dunia industri.

Perkembangan industri di Indonesia yang cukup pesat mengharuskan perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan mutu lulusannya, baik itu dari segi kuantitasnya maupun dari segi kualitasnya. Sehingga dapat dihasilkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkepribadian mandiri, berkualitas dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di kawasan utara Indonesia berupaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga secara fisik dan mental siap untuk mengikuti arus pengembangan industri dan teknologi.

Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, sehingga dapat mengetahui teknologi yang sedang berkembang dan dapat mengaplikasikannya.
Dibutuhkan sebuah kerjasama dengan industri demi meningkatkan mutu lulusan sebuah perguruan tinggi. Kerjasama ini dapat dilaksanakan dalam bentuk penukaran informasi antara masing-masing pihak tentang korelasi antara ilmu di perguruan tinggi dan aplikasi dalam dunia industri. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan cara: Praktek industri, studi ekskursi, magang, join research dan lain sebagainya. Kebijaksanaan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional merupakan upaya dari pihak pemerintah untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja (industri) dalam rangka memberikan sumbangan yang lebih besar dan sesuai (menjadi patner in progress) bagi pembangunan bangsa dan negara.

Untuk menunjang hal tersebut maka jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Praktek Industri sebagai kelengkapan teori (khususnya dalam bidang keahlian) yang dipelajari di bangku kuliah. Praktek industri merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal, khususnya sebagai mahasiswa S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal ( UPS Tegal ). Rencananya Program magang di PT. KAI akan dilaksanakan selama 6 bulan mulai dari bulan Maret sampai bulan Agustus 2019. Selama magang mereka mendapatkan gaji dan memiliki kesempatan menjadi karyawan. Melalui upaya yang ada, Universitas Pancasakti Tegal akhirnya bisa masuk setelah bersaing dengan seluruh Universitas di Indonesia setelah melalui tes psikotes dan wawancara. Nantinya akan mendapatkan sertifikat magang industri atau magang kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BSNP) dan diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru, menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau industri. Semua mahasiswa magang harus memiliki karakter kuat Karena mereka juga membawa nama baik Universitas Pancasakti Tegal dan juga diri mereka sendiri serta bekerja secara profesional dan memiliki komitmen tinggi. Mereka harus mampu menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan nantinya, karena pasti akan menjadi pengalaman baru bagi mereka. Jika melihat nilai akademik siswa yang magang, sangat baik. Untuk itu, mereka dalam proses magang juga harus memiliki kinerja yang baik, jangan sampai tidak sinkron dengan nilai akademiknya. Antara nilai akademik dan kinerja saat di BUMN harus seimbang.

FAMILY GATHERING FORUM SILATURAHIM KELUARGA BESAR FAKULTAS TEKNIK ” FIKNIK ” UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL

Family Gathering adalah momentum yang penting dalam sebuah perusahaan karena pada momentum ini semua keluarga baik itu suami, istri, ayah, ibu, anak, bahkan cucu berkumpul menjadi satu untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, untuk lebih mengenal satu keluarga dengan keluarga lainnya dan juga agar perusahaan dapat lebih dekat lagi dengan keluarga dari para karyawan maupun staff dari perusahaan tersebut, dan juga sebagai ungkapan terima kasih perusahaan kepada keluarga staff atau karyawan atas dukungannya kepada suami, istri, anak atau cucu untuk tetap bekerja dan membantu perusahaan dengan baik. Dalam hal ini Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal mengadakan Family Gathering Forum Silaturahim Keluarga Besar Fakultas Teknik “ FIKNIK “ Universitas Pancasakti Tegal dengan tema unggul, harmoni dan sejahtera.

Suasana keramaian tampak dirasakan di Warung Tengah Sawah ( WTS ) Pemalang yang diadakan pada hari Minggu, 20 Januari 2019. Tampak tertata rapi meja dan kursi ditemani dengan lagu karaoke yang menghangatkan suasana siang kala itu. Terlihat pada jam 10.00 wib. Segenap Dosen Dan Karyawan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal mulai berdatangan berbondong-bondong menempati kursi yang telah disediakan dan menikmati jamuan istimewa pada acara Family Gathering Forum Silaturahim Keluarga Besar Fakultas Teknik “ FIKNIK “ Universitas Pancasakti Tegal.

Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal merupakan Fakultas yang Memiliki 4 program studi, diantaranya yaitu Program Teknik Mesin S1, Teknik Industri S1, Teknik Sipil S1 dan Teknik Mesin D3. Acara family gathering yang bertemakan “unggul, harmoni dan sejahtera.”, merupakan acara yang dilakukanuntuk mempererat tali persaudaraan semuan dosen dan karyawan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal. Acara ini dimulai dengan perkenalan keluarga dosen dan karyawan universitas pancasakti tegal. Kemudian dilanjutkan dengan perlombaan anak-anak dengan meriah. Rencananya acara family gathering ini akan diadakan tiap semester. “Momen ini adalah momen yang berharga, ibarat keluarga ini adalah acara halal bi halal ketika hari raya”.

Tujuan diadakannya Family Gathering ini adalah untuk menjalin tali silaturrahmi Dosen dan Karyawan Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal. “Semoga pada tahun selanjutnya Family Gathering dikonsep semenarik mungkin dengan acara-acara yang lebih kreatif, sehingga kesannya seperti benar-benar kumpul keluarga.

DEKAN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL TELAH RESMI DILANTIK

Tegal, (29/1/2019) Universitas Pancasakti Tegal mengadakan pelantikan Dekan dan Pejabat Struktural di Aula Yayasan Pendidikan Pancasakti, yang dilaksanakan oleh Rektor Universitas Pancasakti Tegal Yaitu Bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pelantikan sebanyak 6 Dekan dan 5 Pejabat Struktural tersebut dihadiri oleh pengurus YPP, jajaran Rektorat, dan Sivitas Akademika.

Keenam Dekan yang dilantik tersebut diantaranya Dr. Purwo Susongko, M.Pd. sebagai Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan ( FKIP ), Dr.Ir. Sutaman, M.Si sebagai Dekan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan ( FPIK ), Dr. Nuridin, S.H.,M.H sebagai Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ( FISIP ), Dr. Irwan Hamzani sebagai Dekan Fakultas Hukum ( FH ), Dr. Dien Noviany Rahmatika, M.M sebagai Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis ( FE ) dan Dr. Agus Wibowo, S.T.,M.T. sebagai Dekan Fakultas Teknik ( FT ).

Sedangkan kelima Pejabat Struktural yang dilantik diantaranya yaitu Dr. Suriswo, M.Pd sebagai Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat ( LPPM ), Dr. Beni Habibi, M.Pd sebagai Kepala Lembaga Peminjaman Mutu ( LPMU ), Dr. Yoga Prihatin, M.Pd. sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Kerja Sama dan Urusan Luar Negeri, Dr. Tity Kusrina M.Pd. sebagai Ketua Program Study Pendidikan Profesi Guru ( PPG ), dan Yulia Nur Ekawati M.Pd. sebagai Sekertaris Program Studi Pendidikan Profesi Guru ( PPG ).

Untuk ke depannya Menurut Rektor UPS Tegal Bapak Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. tantangan yang dihadapi lebih berat karena perkembangan teknologi informasi begitu cepat. Sehingga diperlukan sinergitas agar kinerja efektif dan efisien. Bangun komunikasi yang baik, sehingga kesalahpahaman dapat dihindari. Rektor UPS Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. menyampaikan selamat kepada para Dekan dan Penjabat Struktural yang baru di lantik dan berterima kasih kepada para penjabat sebelumnya yang telah melaksanakan tugas dan wewenang dengan sebaik – baiknya.

Rektor UPS Tegal Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. berharap agar para Dekan yang baru tidak hanya bermodalkan kemampuan akademik saja, namun juga kemampuan manajerial dan leadership yang baik untuk memimpin fakultasnya masing – masing. Ini disampaikan oleh Rektor UPS Dr. Burhan Eko Purwanto M.Hum. berdasarkan pengalamannya selama 35 tahun bekerja di UPS Tegal ini. Dari menjadi Wakil Rektor sampai menjadi Rektor sekarang ini. Ketua YPP Dr.H. Imawan Sugiharto, S.H.,M.H. juga menyampaikan agar dengan pelantikan tersebut, YPP ingin fakultas – fakultas menjadi semakin lebih baik.

STUDENT EXCHANGE PRODI S1 TEKNIK INDUSTRI

.
Mahasiswa teknik industri dengan nama dwi nurhidayani berkesempatan melakukan student exchange ke Universitas Hatyai Thailand. Program ini sebagai bentuk kerjasama bidang akademik antara Universitas Pancasakti Tegal dengan Universitas Hatyai Thailand. Kesempatan ini diberikan kepada mahasiswa karena prestasinya di bidang akademik. Untuk melaksanakan program tersebut mahasiswa dibekali keahlian, terutama bidang keteknikindustrian.