Penganugrahan Festival Film Indie ke-2 PBSID ft UPS Tegal

Pernahkah anda mendengar Festival Film? Bagi sejumlah orang yang pernah mendengar pasti tidak asing lagi mendengarnya. Apa itu Festival Film? Contohkan saja Festival Film Indie Universitas Pancasakti Tegal (UPS) dalam lingkup Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (ft). Festival film indie adalah kegiatan dari Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Satra Indonesia dan Daerah (HMPS PBSID) yang diadakan setiap tahun sekali. Festival film indie atau sering disebut film pendek adalah kegiatan yang sangat menawan ketika dilaksanakan. Read More …

ft UPS Tegal Melepas Calon Wisudawan Periode Ganjil 2014/2015

Tegal (24/3/15) — Panas matahari yang menghiasi langit UPS Tegal tidak memudarkan semangat calon wisudawan periode ganjil 2014/2015 ft UPS Tegal untuk menghadiri acara pelepasan di Auditorium UPS Tegal hari ini, Selasa 24 Maret 2015. Pada pelepasan tahun ini ft UPS Tegal melepas 263 calon wisudawan yang terbagi dalam enam program studi yaitu Prodi Pendidikan Bimbingan Konseling 54 orang, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan 44 orang, Prodi Pendidikan Ekonomi 55 Orang, Prodi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah 15 orang, Prodi Pendidikan Bahasa Inggris 60 orang, dan Prdi Pendidikan Matematika 35 orang.

Dengan diiringi alunan musik para peserta calon wisudawan dan pendamping bergiliran memasuki ruang Auditorium UPS Tegal dilanjutkan dengan rombongan Senat ft UPS Tegal. Aura kebahagiaan terpancar dari setiap calon wisudawan yang telah menyandang gelar sarjana pendidikan. Tepat pukul 08.00 WIB Pembawa Acara membuka acara pelepasan yang dailanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Kelulusan yang disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik Dr. Suriswo, M.Pd. Setelah pembacaan surat keputusan dilanjutkan dengan prosesi pelepasan dan orasi ilmiah, kemudian dilanjutkan sambutan oleh Dekan ft UPS Tegal.

Pada periode ganjil 2014/2015 ini ft UPS Tegal memiliki lulusan terbaik tiap prodi yang diwakili oleh Yurena Kristi (BK/3,29), Siti Halimah (PKn/3,39), Lisa Karmila (PE/3,61), Santi Yuliasih (PBSID/3,36), Firdausah Amalia (PBI/3,59), dan Ayu Nurfalakh (PMTK/3,31).

Tema pelepasan pada tahun ini adalah “Pemantapan Kompetensi Sarjana Pendidikan dalam Membangun Karakter Bangsa”, tema tersebut juga merupakan tema orasi ilmiah dalam acara pelepasan ft UPS Tegal. Orasi Ilmiah ini disajikan oleh Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. dengan apik dan menarik. dalam pesannya Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd mengimbau agar lulusan sarjana pendidikan ft UPS Tegal dapat berfungsi dan berperan dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat dengan mengembangkan kompetensi yang dapat menunjang pembentukan karakter bangsa.

Dekan ft UPS Tegal Drs. H. Masfuad Edi Santoso, M.Pd. mengucapkan selamat dan sukses kepada calon wisudawan dan berharap ilmu yang diperoleh dari ft dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sekali lagi kami mengucapkan selamat dan sukses kepada para calon wisudawan ft UPS Tegal Periode Ganjil 2014/2015.

Program SM3T Angkatan V 2015

Punya gelar sarjana kependidikan tapi masih menganggur? Daftar saja ke program Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar, dan Tertinggal (SM3T) Angkatan V 2015.

Pendaftaran dibuka pada 9 Maret hingga 7 Juni 2015 melalui laman www.seleksi.dikti.go.id. Pelamar bisa mendaftar di berbagai program studi yaitu:

– Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan;

– Pendidikan Sejarah;

– Pendidikan Ekonomi;

– Pendidikan Geografi;

– Pendidikan IPS;

– Pendidikan Sosiologi dan Antropologi;

– Pendidikan Bahasa Indonesia;

– Pendidikan Bahasa Inggris;

– Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi;

– Pendidikan Biologi;

– Pendidikan Matematika;

– Pendidikan Fisika;

– Pendidikan Kimia;

– Pendidikan IPA;

– Pendidikan Teknik Mesin;

– Pendidikan Teknik Otomotif;

– Pendidikan Teknik Elektro/Ketenagalistrikan;

– Pendidikan Teknik Elektronika;

– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Boga;

– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Busana;

– Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Tata Rias;

– Pendidikan Luar Biasa;

– Pendidikan Guru Sekolah Dasar;

– Pendidikan Guru Anak Usia Dini;

– Bimbingan dan Konseling;

– Pendidikan Seni Budaya (Drama, Tari, Musik); dan

– Pendidikan Seni Rupa.

Apa saja syaratnya?

Tentu kamu harus memiliki ijazah sarjana kependidikan yang lulus pada 2013, 2014, dan 2015. Usia maksimal adalah 27 tahun per 31 Desember 2015.

Saat mendaftar, siapkan dokumen berupa fotokopi KTP, ijazah, dan transkrip nilai yang dilegalisasi. Perlu diketahui, nilai IPK minimal yang harus dimiliki pendaftar adalah minimal 3,0.

Siapkan juga surat keterangan bebas narkoba dan surat keterangan berkelakuan baik. Pendaftar juga harus membuat dua surat pernyataan bermaterai yang menyatakan belum menikah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti program SM3T dan PPG 2015, serta surat pernyataan belum pernah mengikuti SM3T pada tahun sebelumnya dan sanggup mengikuti PPG.

Hasil seleksi administrasi dan jadwal tes online diumumkan pada 10 Juni 2015. Sedangkan tes online digelar 20–21 Juni 2015.

Tahap berikutnya adalah pengumuman hasil tes seleksi dan undangan wawancara di Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) pada 27 Juni 2015. Sesi wawancara sendiri dijadwalkan pada 3–5 Juli 2015 di LPTK.

Jika diundang menjalani wawancara, bawa semua berkas persyaratan. Jika belum memiliki ijazah, maka bisa membawa surat keterangan lulus (SKL) yang ditandatangani dan/atau diketahui pembantu/wakil rektor bidang akademik. Ijazah asli juga wajib ditunjukkan saat wawancara.

Panitia seleksi akan memberi nilai tambah kepada peserta yang memiliki keahlian atau prestasi minimal juara III tingkat kabupaten/kota, termasuk di bidang olahraga dan seni. Guna mendapat nilai tambah ini, peserta harus menunjukkan sertifikat asli dan fotokopi tentang keahlian atau prestasi tersebut.

Nilai tambah juga akan diberikan kepada pelamar dengan pengalaman sebagai pengurus unit kegiatan mahasiswa (UKM) atau pengalaman organisasi lain. Bukti yang diajukan ketika wawancara adalah surat keputusan (SK) asli dan fotokopi.

Nantinya, peserta diberi kesempatan melakukan unjuk kemampuan (performa) sesuai bakat dan keterampilan yang dimiliki. Jadi, segera bersiap, ya!

Sumber : http://news.okezone.com/read/2015/03/10/65/1116326/manfaatkan-gelar-sarjana-kependidikan-di-sm3t

Pelepasan Calon Wisudawan ft di Undur

Pelepasan calon wisudawan ft UPS Tegal Periode 2015 diundur pelaksanaannya. Pengunduran ini dilakukan setelah mendapat surat dari BAN-PT mengenai rencana visitasi terhadap dua program studi di ft UPS Tegal.

Dua Program Studi yang akan  adalah Program Studi PBI dan Program Studi PMTK. Jadwal Pelepasan ft UPS Tegal yang  direncanakan Sabtu, 14 Maret 2015 diundur pelaksanaannya menjadi Selasa, 24 Maret 2015.

Jadwal pelaksanaan visitasi Program Studi PBI akan dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 13-15 Maret 2015. Setelah PBI jadwal visitasi berikutnya adalah PMTK yang akan dilaksanakan pada hari Jumat-Minggu, 20-22 Maret 2015.

PBSID dan PKn Memeroleh Nilai B

Senin (5/1/15) ucapan selamat patut diberikan kepada Jurusan Program  Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah (PBSID) dan Program Strudi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PKn) yang telah berhasil memeroleh nilai B dari Dikti dalam proses akreditasi. ft merasa sangat bersukur atas hasil yang telah diperoleh oleh dua prodi tersebut. Hal ini merupakan salah satu capaian yang baik bagi perkembangan prodi PBSID dan PKn. Dengan didapatkannya nilai B dari Dikti maka membuka kesempatan prodi PBSID dan PKn untuk lebih memajukan kualitas dalam menghadapi persaingan.

Kepastian nilai B di dapat dari Dikti setelah turun SK Dikti dengan nilai 314 (PBSID) dan 313 (PKn). Nilai B ini merupakan nilai yang baik dan perlu dipertahankan kedepannya. Nilai B ini merupakan harapan yang terealisasi bagi ft dan semoga untuk prodi PBI dan PMTK PMTKra menyusul kedua prodipPMTKebut karena PBI dan PMTK sedang reakreditasi.

 

KULIAH UMUM

Senin (22/9/14) ft UPS Tegal mengadakan kuliah umum tahun ajarana 2014/2015. Kuliah umum ini merupakan kegiatan agenda ft UPS Tegal dalam rangka membekali mahasiswa baru yang berkuliah di ft UPS Tegal. Kegiatan ini rutin diadakan tiap tahun sebagai bagian dari rangkaian masa orientasi mahasiswa baru 2014.

Kuliah umum ini wajib diikuti oleh mahasiswa baru atau mahasiswa semester 1 seluruh prodi di ft UPS Tegal. Kegiatan yang dilaksanakan di auditorium UPS Tegal ini menyajikan tiga dosen senior ft UPS Tegal yang bergelar doktor dan guru besar. Sebagai pembicara adalah Prof.DR. Tri Jaka Kartana, M.Si, DR. Dino Rozano, M.Pd, dan DR. Basukiyatno, M.Pd. dengan topik pendidikan yang berkarakter. Penyajian dalam kuliah umum ini dilakukan dengan diskusi panel.

Selain dihadiri oleh mahasiswa semester 1 kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ketua program studi semua jurusan yang terdapat di ft UPS Tegal dan perwakilan dosen dari tiap program studi. Kegiatan tersebut akan dibuka oleh Dekan ft UPS Tegal DR. Yayat Hidayat Amir,M.Pd. yang didaulat pula sebagai keynot speaker dalam acara tersebut.

Pelepasan Calon Wisuda ft UPS Tegal

Sabtu (13/9/14) ft UPS Tegal mengadakan pelepasan calon wisudawan periode genap tahun 2014/2015. Kegiatan inibmerupakan rangkaian kegiatan calon wisudawan universitas Paancasakti Tegal yang akan dilaksanakan pada Sabtu, 20 September 2014. Pelepasan kali ini merupakan pelepasan yang bersejarah bagi ft UPS Tegal. Mengapa bersejarah? Pada perhelatan pelepasan kali ini ft UPS Tegal melepas sejumlah 661 calon wisudawan. Jumlah ini merupakan jumlah terbesar yang di lepas oleh ft UPS Tegal.

Dalam acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu 13 September 2014 ini semua kegiatan berjalan dengan baik. Pelaksanaan prosesi pelepasan dilakukan dengan pemberian SK kelulusan yang diterbitkan oleh ft UPS Tegal. Prosesi acara pelepasan dilakukan secara kolektif dengan cara penerima SK calon wisudawan dari dua prodi yang ada di ft UPS Tegal. Acara tersebut di hadiri oleh senat Fakultas dan Tamu undangan.

Selain acara pelepasan dalam acara tersebut juga diberikan orasi ilmiah yang disajikan oleh DR. Maufur, M.Pd. dengan tema orasi “Peningkatan Kompetensi Guru yang Berkecerdasan Emosional”. DR. Maufur, M.Pd. berpesan kepada mahasiswa untuk dapat menjaga kecerdasan emosional yang akan berefek pada kecerdasan yang lain.

Acara yang berlangsung pukul 08.00 WIB ini di akhiri dengan pembacaan puisi oleh Dekan ft UPS Tegal DR. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. dengan sangat apik dan penuh penghayatan.

 

Gladi Bersih Pelepasan ft Ups Tegal

Diberitahukan kepada para calon wisudawan ft UPS Tegal periode genap 2014 bahwa gladi bersih pelepasan ft Ups Tegal akan dilaksanakan pada hari Jumat 12 September 2014 pukul 13.00 WIB. Geladi bersih ini dimaksudkan agar para  calon wisudawan mendapatkan simulasinprosesi pelepasan yang akan diadakan pada hari Sabtu 13 September 2014.

Pada pelepasan kali ini ft UPS Tegal akan melepas sejumlah 660 calon wisudawan. Dengan gladi bersih ini maka prosesi pelaksanaan pelepasan yag sebenarnya dapat berjalan dengan lancar. Pelaksanaan gladi bersih dilakukan sesuai dengan tempat pelaksanaan prosesi pelepasan yaitu di Auditorium UPS Tegal.

Kegiatan ini sangat membantu calon wisudawan dalam kegiatan pelepasan pada kali ini. Mereka akan disimulasikan bagaimana cara memasuki ruangan, cara berjalan, posisi tempat duduk, dan posisi pada saat menerima transkrip dari Dekan ft dan ketua program studi setiap program studi.

Mengingat pentingnya acara tersebut diharapakan para calon wisudawan agar dapat hadir dan datang tepat waktu. ini adalah bentuk dari rangakaian kegiatan pelepasan calon wisudawan ft UPS Tegal.

ft ups tegal mengadakan pembukaan perkuliahan

Senin (1/9/14) ft ups tegal mengadakan pembukaan perkuliahanuntuk tahun ajaran 2014/2015. Kegiatan rutin ini diadakan sebagai upaya ft ups tegal mengvaluasi perkuliahan semester yang lalu. Pada mesempatan itu dekan ft Ups Tegal Dr. Yayat Hidayat Amir, M.Pd. berpesan kepada para tamu undangan yang hadir untuk selalu melaksanakan tri darma pendidikan.

Pembukaan perkuliahan tersebut dihadiri oleh  seluruh dosen ft Ups Tegal. Selain dosen senior dalam acara tersebut di hadiri pula oleh dosen baru yang baru masuk pada tahun ajaran yang baru ini. Dosen-dosen tersebut akan bertugas sesuai dengan bidang kemampuan dan keahlian yang dimiliki untuk kemajuan ft Ups Tegal.

Dalam acara tersebut dekan ft berpesan kepada seluruh dosen agar manjaga nama baik diri dan intitusi ft sebagai sarana promosi internal pengembangan ft ke depan. Tantangan bagi para dosen pun makin berat sehingga dekan berpesan untuk selalu mengembangkan kemampuan diri agar dapat bersaing dg mutu.

Dengan pembukaan perkuliahan pada hari Senin kemarin maka perkuliahan secara aktif sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan jadwal perkuliahan yang terdapat di SIMKA.

Ujian Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014

Ujian Akhir Semester Gasal Tahun Ajaran 2013/2014 akan segera dilaksanakan. Kegiatan rutin ini akan dilaksanakan serentak oleh seluruh program studi yang bernaung di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (ft) UPS Tegal. Pelaksanaan UAS Gasal T.A 2013/2014 dilaksanakan pada tanggal 30 Desember 2013 s.d 11 Januari 2014. Hal ini sesuai pengumuman yang telah ditandatangani oleh Wakil Dekan I ft UPS Tegal Dr. Suriswo, M.Pd pada tanggal 5 Desember 2013 yang lalu. Read More …