MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS PANCASAKTI TEGAL MAGANG DI PT. KAI

PT. Kereta Api Indonesia memberikan kesempatan kepada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal untuk dapat mengikutsertakan 4 ( empat ) mahasiswa Fakultas Teknik untuk mengikuti Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) di PT. Kereta Api Indonesia. Adapun keempat mahasiswa tersebut adalah Hidayat Fatulloh, M. Kautsar Mubarok, Surinto dan Zakaria Lego Lasmono. Program Magang tersebut bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa dengan dunia industri. Selain itu, program magang tersebut juga sebagai sarana memperkenalkan mahasiswa dengan dunia kerja, sehingga harapannya mahasiswa setelah lulus kelak sudah siap menghadapi dunia kerja kususnya di dunia industri.

Perkembangan industri di Indonesia yang cukup pesat mengharuskan perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan mutu lulusannya, baik itu dari segi kuantitasnya maupun dari segi kualitasnya. Sehingga dapat dihasilkan Sumber Daya Manusia ( SDM ) yang berkepribadian mandiri, berkualitas dan memiliki kemampuan intelektual yang baik. Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal sebagai salah satu perguruan tinggi yang berada di kawasan utara Indonesia berupaya untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, sehingga secara fisik dan mental siap untuk mengikuti arus pengembangan industri dan teknologi.

Wawasan dari mahasiswa tentang dunia kerja yang berkaitan dengan industrialisasi sangat diperlukan, sehingga dapat mengetahui teknologi yang sedang berkembang dan dapat mengaplikasikannya.
Dibutuhkan sebuah kerjasama dengan industri demi meningkatkan mutu lulusan sebuah perguruan tinggi. Kerjasama ini dapat dilaksanakan dalam bentuk penukaran informasi antara masing-masing pihak tentang korelasi antara ilmu di perguruan tinggi dan aplikasi dalam dunia industri. Dalam hal ini bisa dilakukan dengan cara: Praktek industri, studi ekskursi, magang, join research dan lain sebagainya. Kebijaksanaan link and match yang telah ditetapkan oleh Departemen Pendidikan Nasional merupakan upaya dari pihak pemerintah untuk menjembatani kesenjangan antara perguruan tinggi dengan dunia kerja (industri) dalam rangka memberikan sumbangan yang lebih besar dan sesuai (menjadi patner in progress) bagi pembangunan bangsa dan negara.

Untuk menunjang hal tersebut maka jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasakti Tegal mewajibkan mahasiswanya untuk melaksanakan Praktek Industri sebagai kelengkapan teori (khususnya dalam bidang keahlian) yang dipelajari di bangku kuliah. Praktek industri merupakan salah satu kurikulum wajib yang harus ditempuh oleh mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal, khususnya sebagai mahasiswa S1 Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Pancasakti Tegal ( UPS Tegal ). Rencananya Program magang di PT. KAI akan dilaksanakan selama 6 bulan mulai dari bulan Maret sampai bulan Agustus 2019. Selama magang mereka mendapatkan gaji dan memiliki kesempatan menjadi karyawan. Melalui upaya yang ada, Universitas Pancasakti Tegal akhirnya bisa masuk setelah bersaing dengan seluruh Universitas di Indonesia setelah melalui tes psikotes dan wawancara. Nantinya akan mendapatkan sertifikat magang industri atau magang kompetensi dari Badan Nasional Standar Pendidikan (BSNP) dan diharapkan mahasiswa bisa mendapatkan pengalaman baru, menambah wawasan dan meningkatkan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia kerja atau industri. Semua mahasiswa magang harus memiliki karakter kuat Karena mereka juga membawa nama baik Universitas Pancasakti Tegal dan juga diri mereka sendiri serta bekerja secara profesional dan memiliki komitmen tinggi. Mereka harus mampu menyesuaikan diri dengan kultur perusahaan nantinya, karena pasti akan menjadi pengalaman baru bagi mereka. Jika melihat nilai akademik siswa yang magang, sangat baik. Untuk itu, mereka dalam proses magang juga harus memiliki kinerja yang baik, jangan sampai tidak sinkron dengan nilai akademiknya. Antara nilai akademik dan kinerja saat di BUMN harus seimbang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *